Tips Backpacker dan Naik Motor Matic ke Taman Nasional Bromo

18:53:00


Seperti biasanya gue pengen share pengalaman gue ke Bromo yang ke 2 kalinya karena yang pertama gagal sunrise dan motor rusak ditengah jalan menuju Nongkojajar, akhirnya gue berniat buat balik lagi untuk membayar semua itu. Berdasarkan dari pengalaman yang udah-udah gue gamau tuh keulang lagi kesalahan yang sama dan menjadi konsen gue untuk lebih kritis terhadap 2 hal tersebut. Gue gamau ketinggalan sunrise dan gue gamau juga motor gue rusak ditengah jalan karena medan menuju Bromo yang parah abis, tapi gue juga gamau ke Bromo tapi mahal-mahal. Ngapain, deket ini! Backpacker is an answer!



Pengen jalan-jalan kalian murah? Gampang! Pres semua hal yang bikin over budget! Transport, jajan, penginapan, dan oleh-oleh. Itu sih yang biasanya gue pres tiap kali backpackeran. Some people maybe cannot do that things ya, soalnya ada yang kepengen murah but well fasilitas. Ya ga bisa lah! Ada harga ada barang.

How to get there?

  • Gue dari Solo, start from Stasiun Jebres dengan Kereta Matarmaja pukul 01.12 WIB menuju stasiun kota Malang Baru. Harga sekitar Rp 100.000,- (7 jam perjalanan)
  • Sampe di Kota Baru gue menuju Nongkojajar. Sewa motor seharga Rp 160.000,-/2 hari. Nanti dibawah gue share no telfon sewa motor di Malang yang trusted dan yang punya humble banget! Baik banget. (2-3 jam perjalanan)
  • Karena gue pengen liat sunrise di bukit Kingkong, so I decided to stay in Wonokitri atau Nongkojajar. Itu desa terakhir sebelum pananjakan/bukit kingkong. Gue dpet penginapan dengan harga Rp 150.000,-/hari. Keuntungan menginap disini ada air panas, bersih, dan deket banget dari Pananjakan. Jangan khawatir, untuk sinyal internet di wonokitri lancar kok. Walaupun belum 4G yaaa! (Info kontak dibawah ya!)
  • Bangun jam 04.00 WIB untuk ngeliat sunrise di Bukit Kingkong. Kira-kira 30 menit perjalanan dari penginapan. Not too far but cold. Hehe
  • Setelah dapet ngeliat sunrise, turun ke bawah. Ngeliat gunung Batok, pasir berbisik, bukit Teletubies. Nah disini skill ngendarai motor di uji. 
  • Dan finally pulang lewat jalur Tumpang menuju Malang. Jadi gue ngelewatin Bromo dari ujung ke ujung. (estimasi 3 jam perjalanan sambil foto-foto)
  • Pulang gue menggunakan bus Rosalia Indah sampe Solo lagi sekitar Rp 105.000,- pukul 08.30  - 17.00 WIB. (8 jam perjalanan)
   

Gue berdua naik motor bareng Rias dari Malang. Such a good experience! 

Tips menggunakan motor Matic ke Bromo

  • First, yang kalian siapin adalah kesehatan motornya. Rem, ban, mesin, dan oli. Pokoknya motor matic kalian dalam keadaan sehat wal afiat.
  • Motor matic yang bisa digunakan more than 150 cc ya! Di bawah itu I don't recommend to bring your motorbike to Bromo. 
  • Gue kemarin pake Honda vario 150 cc. Nmax, pcx, atau honda adalah motor yang gue rekomendasikan untuk dibawa ke Bromo. Gue pernah bawa Xtrade yamaha kurang oke. Keok di tengah jalan.
  • Full Bensin ya dari Malang ke Bromo. Lumayan jauh dan jalanan nanjak terus.
  • Sesekali berhenti ketika ngecium aroma kampas rem atau sesuatu yang terbakar. Fenbelt kalian lagi gosong. Berhenti dulu jangan lanjut. 
  • Ketika menuju Pananjakan, yang terkenal dengan jalannya yang nanjak banget dan gaada bonusnya. Di gas terus, tahan setengah gas sambil di pompa rem depan dan belakangnya bergantian. Jangan bareng-bareng.
  • Waktu ke bawah menuju area kawah bromo, turunan terjal sekitar 45 derajat ini banyak terjadi kecelakaan. Pelan-pelan, jangan matikan mesin, bahaya banget kalo mesin mati dan rem blong. Seperti tadi tahan setengah gas sambil pompa rem secara bergantian. Biar rem nggak blong.
  • Sampe di bawah jalanan berpasir, ada beberapa area pasir yang dalam ada yang padet. Gue sih kalo udah kaya gini ngeliat bekas ban mobil atau motor, area yang di tapaki kendaraan besar kemungkinan padet. 
  • Melaju dengan gas yang kenceng. Nah ini, jangan pelan-pelan, percaya deh. Gas yang kenceng itu bikin motor ga selip di pasir karena kecepatan ban stabil. Ya sesekali kadang kaki kalian turun untuk menjaga keseimbangan motor yang berjalan di pasir. Semakin pelan, semakin kalian kejebak di dalam pasir. 
  • Ketika menuju arah Bukit teletubies, jangan ikuti tiang-tiang pembatas. Cari jalan lain ke arah kiri lebih padet. Karena justru arah pembatas tiang-tiang ini pasirnya dalem banget. Susah buat dilalui motor matic. 
  • Lagi-lagi sesekali berhenti untuk mendinginkan mesin. Karena motor matic butuh xtra usaha buat ngelewatin jalanan pasir kaya gini. 
  • Jalanan melewati area bawah Bromo cukup jauh, jadi kalian harus punya waktu banyak biar santai dan ga buru-buru.




Bromo itu bagus banget, gue ga bosen ngeliat ini. Pemandangannya kaya bukan di Indonesia. Kaya di Newzealand, cuma kurang sapi aja nih sama STMJ hehehe.

RPM Motor : +62 823 0655 0681
Penginapan Pak Usmat : +62 823 3129 2241

Budget minimal bagi 2 orang ya!
  1. Transport SOLO - MALANG via Matarmaja Kereta Rp 200.000,-/2 orang
  2. Penginapan Rp 150.000,-/hari 
  3. Motor Rp 160.000,-/2 hari (Rp 180.000,- Kalo ke Bromo tambah biaya 20k untuk ganti kampas rem)
  4. Makan dll Rp 100.000,-/2 orang (Bawa kering tempe, abon, atau makanan lain dari rumah untuk lauk pendamping nasi)
  5. Bensin Rp 50.000,-
  6. Transport MALANG - SOLO via Rosalia Indah Rp 210.000,-/2 orang
  7. Tiket masuk Bromo Rp 60.000,-/motor
Total budget : Rp 950.000,-/2 orang. Jadi per orang kalian keluar cuma Rp 475.000,- doang!!!! Yessss, its so cheap! 

Maybe its enough dari cerita gue semoga membantu perjalanan kalian! hehe
Have a good traveling, Thanks for read! Goobye soon! Pampam 😍


You Might Also Like

3 komentar

  1. AJO_QQ poker
    kami dari agen poker terpercaya dan terbaik di tahun ini
    Deposit dan Withdraw hanya 15.000 anda sudah dapat bermain
    di sini kami menyediakan 8 permainan dalam 1 aplikasi
    - play aduQ
    - bandar poker
    - play bandarQ
    - capsa sunsun
    - play domino
    - play poker
    - sakong
    -bandar 66 (new game )
    Dapatkan Berbagai Bonus Menarik..!!
    PROMO MENARIK
    di sini tempat nya Player Vs Player ( 100% No Robot) Anda Menang berapapun Kami
    Bayar tanpa Maksimal Withdraw dan Tidak ada batas maksimal
    withdraw dalam 1 hari.Bisa bermain di Android dan IOS,Sistem pembagian Kartu
    menggunakan teknologi yang mutakhir dengan sistem Random
    Permanent (acak) |
    Whatshapp : +855969190856

    ReplyDelete
  2. yang mau ke Rinjani ayo: https://www.rinjanitrekkingguide.com

    ReplyDelete