Eksotisnya Kepulauan Komodo di Flores (Part 2)

02:58:00


Manjarite - 05.00 WITA

After we stay the night at Manjarite, deket-deket pulau Komodo, gue di suguhkan sunrise yang cantik di sini. Gue emang se heboh itu kalo dapet sunrise. Entah dimanapun itu but sunrise always makes me speechless. Apalagi disini!!!!!!! Spechless abis!

Aktivitas di Manjarite adalah snorkling. Bagus banget emang underwater disini. Nggak terlalu dalem dan nggak terlalu dangkal juga. Buat berenang-berenang juga cocok bgt. All is worth! Kalian ngapa-ngapain di sini semuanya worth. Mau ngopi sambil duduk-duduk, mau tiduran di deck juga pemandangannya bagus parah, mau dengerin musik sambil joget-joget juga asik bgt, ga nyesel udah dateng jauhjauh ke sini buat nyicipin sailing komodo bareng Malisse 😍

Manjarite
Duduk-duduk di atas deck kaya gini sambil liat langit dan gugusan pulau Komodo. Siapa yang gamau???

Pulau Komodo - 09.00 WITA

Udah puas sama snorkling di Manjarite dan ngeliat sunrise yang bagus parah, perjalanan gue dilanjutin ke Pulau Komodo buat nonton secara langsung binatang yang udah langka di Indonesia dan keberadaannya udah di lindungi dan jadi situs warisan dunia UNESCO, Ya iya apalagi kalo bukan Komodo. Si reptil menggemaskan namun mematikan juga ini berada di habitat aslinya guys. Dan keberadaanya yang udah semakin sedikit ini makanya dilindungi. Lucunya nih, si ibu Komodo kalo udah bertelur tuh katanya suka makanin telurnya sendiri. Makanya dari pihak pengelola wisata disini kepengen banget mengembang biakkan komodo dengan cara mengambil telur-telur komodo untuk diamankan. Ya mau gimana lagi, soalnya si komodo itu kanibal. Karena itulah komodo susah untuk berkembang biak. Serem. 😣

Buat masuk ke pulau Komodo itu cukup mahal juga buat gue yang backpacker. hehe. Sekitar Rp 110.000/orang buat local dan Rp 325.000,-/orang buat turis asing. But we stiil need to pay the guide or ranger Rp 100.000,-/group. Kita gabisa kalo ikut trip keliling pulau komodo without ranger. Bisa-bisa pulang tinggal nama doang deh. Amit-amit.

Ada banyak banget hewan di pulau komodo. Yang gue temuin kemarin burung, rusa, ayam dan tentunya Komodo. Karena di lagi berada di alam liar yang luasnya gede banget gini ya kalo mau liat komodo juga ga jamin juga karena gue juga bukan lagi di kebun binatang. Kemarin gue juga cuma ketemu 3 komodo. How lucky I am bisa liat secara langsung, soalnya ada juga yang pernah miss, ga ketemu komodonya. huhu sedih banget. Perjalanan kita memakan waktu kurang lebih 1,5 jam perjalanan kaki alias treckking. Jalannya enak ngga terlalu nanjak dan viewnya? Jangan ditanya! Bagus banget, parah banget!

Komodo Dragon
So creepy but looks cute rite? wkwk 

Pantai Komodo

Mendekati pulau komodo, kita berlayar mengarungi lautan wuhuuu

Katanya sih ini merpati hutan? hmmmm betul tidak ya?

Burung Megapod
I
nilah burung yang membantu ibu komodo membuat sarang telurnya. Woahhh lucu yaaaa

Padar Island - 13.00 WITA

Perjalanan dilanjutkan ke Pulau Padar. Perjalanan ke pulau Padar sendiri menempuh waktu yang cukup lama. Kurang lebih 2 jam perjalanan. Gue sih sambil nunggu waktu kaya gini gapernah tidur didalem cabin. Nggak mau melewatkan keindahan pulau Komodo ini. Gue tidur-tiduran di atas deck sambil nikmatin kopi dan angin sepoy-sepoy. Enak bangetttttt!

Kopi Flores menemani gue berlayar bareng Malisse 😍
Setelah sampai gue di Padar langsung jalan ke puncak padar. I recommend you to bring sunblock guys. Yang spf 50 ya minimal kalo disini tuh panas banget. Sampe pusing banget saking panasnya. Bae-bae nggak kebakar tuh kulit. Tapi walaupun panas, pulau padar ini keren paraaaah. Bagus banget. Ini lho view yang biasa kalian liat di feeds instagram para traveler. Kayanya blm lengkap ke Indonesia kalo belum ke pulau Padar! Hihi. Oh iya, perjalanan sampe puncak padar memerlukan waktu kurang lebih 1 jam ya. Tergantung estimasi kalian jalan. hehe

What a stunning view!! I'm so lucky to have been here.

Rinca Island - 15.00 WITA  


Rinca Island atau kepulauan Rinca ini merupakan pulau ke 2 setelah pulau Komodo menjadi habitat asli komodo dragon guys. Gue pertama kali ngeliat Foto kartu pos dan inilah pemandangan di kartu pos itu, Pulau Rinca! Tempat disini semua itu ga ada yang jelek. Tiap sudut itu bagus banget. Ngeliat ini gue tuh ke inget tempat di timur tengah! Padang gurun yang luas terus ada sahara ditengah-tengahnya. 😍

Untuk masuk ke Rinca kalian gausah bayar lagi karena udah bayar di Pulau Komodo tadi. 1 tiket untuk one way both of the islands. Kalo kalian masuk rinca dulu ya kalian bakal bayar Rp 110.000,-/orang tapi di Komodo ga perlu lagi bayar-bayar. Begitupun sebaliknya, makanya sayang banget kalo ninggalin salah satu tempat ini. Sayang banget! Kalian cuma perlu bayar ranger lagi, aroun Rp 100.000,-/group. Ada 3 jalur yang disediakan untuk trip keliling pulau Rinca, ada shor way, middle way, dan Far way. kita se group memutuskan untuk memilih middle estimasi waktu sekitar 1-2 jam. Tergantung jalan kalian juga ya!

Setelah selesai dari Rinca kita menginap di Pulau Kambing, dan sebelumnya kapten kasih bonus kita buat snorkling-snorkling dulu sebelum ke sunset liat kalong. But sadly kamera gue nggak nangkep waktu kalong lagi berterbangan, soalnya waktu itu kalongnya keluar pukul 06.00 WITA, dan udah mulai gelap banget. Low light kamera gue jelek parah. huhu. But it's okay, experience is the best! 

Snorkling dulu sebelum liat Kalong hehe.

Menginap di Pulau Kambing 

Kita berlabuh di Pulau Kambing, oh nggak maksud gue agak jauh dari pulau kambing heheh. Karena air yang terlalu dangkal maka kita tidak mungkin bisa menurunkan jangkar disana. Ya waktu pagi tiba gue cuma berenang-berenang bae sih disekitar kapal. Gue sempet berenang ke pulau Kambing. Pulaunya sepi banget parah, nggak ada siapa-siapa. Pemandangan bawah lautnya juga keren abis sih. Sayang bgt gabisa bawa kamera, soalnya gue berenang dong dari kapal kesana. Jauh banget kira-kira 350 m dari kapal ke pulau kambing. 

Gambar ini diambil dari atas deck. Thankyou May for this shot hehe

The last stop Kelor Island - 10.00 WITA

Perjalanan dari pulau kambing ke pulau kelor itu butuh waktu 2 jam an. Kita start dari pulau kambing pukul 08.00 WITA setelah sarapan. Menuju pulau Kelor yang merupakan destinasi terakhir ini bikin sedih tapi seneng. Campur aduk, sebegitu bagusnya kepulauan komodo ini, dan gue puas banget sama trip bersama kapten syam dan awak kapal lainnya. Mereka ramah-ramah dan nggak pelit ilmu. Kita sering ngobrol bareng gitu untuk killing time. 

Setelah sampai di pulau Kelor gue langsung buru-buru keatas buat ngeliat view gugusan pulau yang hits banget di instagram itu. Karena gue lagi-lagi snorkling aja untuk menuju pulau kelor jadi gue tracking tanpa alas kaki. Ya gapapa, namanya juga adventure. Hehe. 


Seneng banget I reach the top! Ketika kaki gue udah kepanasan banget.
End of the trip akhirnya kita kembali ke pelabuhan Komodo sekitar pukul 13.00 WITA. So sad but it feels so good akhirnya penasaran gue udah terbayarkan semua oleh keindahan Kepulauan komodo ini. Special thanks buat kapten syam dan awak kapal serta seluruh temen-temen dari bermacam-macam negara kaya Taiwan, Jerman, Perancis, dan Spanyol. Gue pulang dengan banyak pelajaran dari kalian yang nggak mungkin gue dapetin di tempat lain. Thanks a lot! ❤️

Maybe its enough from me, semoga cerita gue kali ini menarik buat dibaca. So sorry part 2 nya agak telat but thanks for reading. Kalo kalian mau pake Malisse buat perjalanan kalian mengarungi lautan  kepulauan Komodo di Flores, here the instagram @inicetrip ! 

Have a good traveling, Thanks for read! Goobye soon! Pampam 😍

You Might Also Like

1 komentar

  1. Numpang promo ya Admin^^
    ajoqq^^com
    mau dapat penghasil4n dengan cara lebih mudah....
    mari segera bergabung dengan kami.....
    di ajopk.club....^_~
    segera di add Whatshapp : +855969190856

    ReplyDelete