How to Get Wat Arun Temple in Bangkok

06:59:00



"Adorable Backpacker goes to overseas?" Yakali emang gue gaboleh ke luar negeri gitu? Walaupun gue cinta banget sama Indonesia, bukan berarti gue bakal cuma explore negeri gue sendiri. Gue selalu tertarik sama kebudayaan baru, bahasa baru, makanan baru, dan tentunya pengalaman yang baru juga. Kaya cerita yang bakal gue tulis kali ini tentang perjalanan gue ke salah satu kuil paling terkenal di Thailand, Bangkok. Yep, kalo di Indonesia ada candi Borobudur yang keberadaannya masuk salah satu keajaiban dunia, di Thailand ada Wat Arun yaitu candi budha yang letaknya di distrik Bangkok Yai, tepatnya di barat hulu sungai Chao Phraya. Kalo orang asli Thailand menyebutnya dengan nama WatArunratchawararam Ratchaworamahavihara. Gue nggak ngerti lagi sih sama bahasa Thailand. Dengan nama sepanjang itu ternyata artinya cuma Candi Fajar. Dah buset, ribet amat. But I'm so interesting, it's so fun to learn a new language, isn't? Oke gue lanjutin ceritanya. Kedatangan gue ke Thailand sebenernya bukan untuk jalan-jalan, tapi ada agenda kampus gue yang diadain di Bangkok. Acara intinya sih gue visit college, yaitu di Chulalongkorn University. Tapi emang nggak boleh sambil menyelam minum air? Hehe. Jadi gue juga jalan-jalan. Udah dateng jauh-jauh ke Thailand masak iya nggak main? 

Bagi para backpacker dari Indonesia gabakalan salah sih kalo mau keluar negeri tapi murah. Dateng aja ke Thailand! Everythings was so cheap! Mau yang kelas dikit juga masih dibilang cheap kalo dibandingin Indonesia. Transportasi apa aja ada. Mau busway, kereta, tuk-tuk, taxi, atau travel shuttle juga banyak. Orang-orang di Thailand, khususnya Bangkok juga ramah-ramah. Mereka humble banget, nengok dikit juga disenyumin. Ati-ati aja sih kalo disenyuminnya sama ladyboy. Yep, mereka sangat banyak disini. Gue aja nemuin nggak sekali dua kali. Berkali-kali! Bahkan saking banyaknya ladyboy ini dibikin komersil. Banyak show-show yang menunjukan kebolehan si Ladyboy ini, yang paling terkenal sih katanya Tiffany Show. Sempet gue penasaran kepengen liat, tapi iman gue masih kuat kok. Haha. Di Bangkok mau makanan halal juga banyak. Nggak usah khawatir sama penginapan, bahkan hotel kelas bintang 3 disini dihargain 500 BHT, kalo dirupiah in cuma sekitar kurang lebih Rp 200.000. Lokasi ibu kota tapi murah banget, udah AC dapet breakfast, kurang murah? Banyak motel-motel backpacker yang kualitasnya juga nggak kalah sama hotel berbintang dengan harga 150 BHT. Coba deh cek google!

Oke, balik ke cerita gue tentang Wat Arun. Jadi gue penasaran banget sama temple satu ini. Tiap kali gue searching "Bangkok, Thailand" pasti penelusuran gambar bakal munculin gambar-gambar Wat Arun ini. Akses untuk ke Wat Arun sendiri gampang banget lho. Ada beberapa cara untuk ke Wat Arun. Bisa naik busway, kereta, atau taxi. Karena gue pengen yang termurah maka gue bakal kasih info ke kalian gimana caranya kalo naik kereta. Ada 2 jenis kereta di Bangkok, yaitu MRT dan BTS. MRT itu untuk kereta bawah tanah, kalo BTS untuk kereta gantung atau biasa disebut skytrain. Kalo udah di Bangkok jangan nanyain skytrain, karena orang lokal lebih familiar dengan nama BTS/MRT. Untuk tata cara membeli tiket mungkin bisa dengan cara mengunjungi blog ini. Nggak mahal kok, sejauh-jauhnya kalian pergi pusatnya pasti di Siam dan hanya keluar duit 15-50 BHT.

Pertama kalian cari BTS station di Siam. Beli tiket untuk ke arah Saphan Taksin, lalu kalian jalan ke Pier. Mungkin sekitar 15 menit kalian bakal disuguhkan dengan suasana pasar. Pokoknya cari arah orang/turis rame-rame. Semua turis di Pier bakal ke arah tempat wisata. Kalo masih bingung tanya sama orang ke riverboat Chao Phraya yang menuju Wat Arun Temple.

Suasana Pasar menuju penyeberangan dekat Chao Prhaya
Beli buah dulu buat seger-seger, jangan lupa ditawar dulu harganya

Suasana Jalanan menuju Riverboat

Sesampainya di Siam yang suasananya hangat banget sama orang lokal Thailand yang mana gue juga kaget bahwa orang-orang disana pada jago banget ngomong bahasa Indonesia. Gue kira orang Indonesia asli, ternyata bukan. Kaget sekaligus bangga sih. Ciegitu. Sebelum berangkat menuju Riverboat buat nyebrang ke Wat Arun, gue sempet beli mangga sekantong plastik dengan harga 40 BHT, gue bisa irit 10 BHT yang mana cuma sekitar Rp 4.000. Jalan menuju riverboat berada di belakang pasar. Jalan ini bukan jalan utama, tapi gue dapet riverboat yang deket banget dengan pasar. Banyak banget turis asing maupun lokal. Kaya gue, mereka juga penasaran sama Wat Arun. Pertama kalian ke Sathorn pier dan cari boat berwarna bendera orange menuju Tha Thien Pier, setelah di Tha Thien Pier menyebrang lagi ke Wat Arun temple. Tiket boat cuma merogoh kocek 15 BHT saja.

Ngantrinya bisa serame ini
Suasana Chao Phraya River



Sepanjang Chao Phraya ini bikin gue keinget Solo. Kalo di Bangkok ada sungai Chao Phraya, Solo juga punya sungai Bengawan Solo. Coba Bengawan Solo dibikin kaya gini. Transportasi antar wilayah, kayanya bakal seru banget deh. Perjalan total menuju Wat Arun dari Tha Thien Pier menghabiskan waktu selama 15 menit. Nggak lama-lama udah sampe aja disini. Tiket masuk wisata untuk turis asing nggak terlalu mahal lho. Cuma 50 BHT aja kalian bisa menjelajah kuil ini.

Menurut gue ada yang bikin kuil Wat Arun ini unik, desainnya beda dari kuil-kuil yang ada di Bangkok lainnya. Selain gede banget, Wat Arun ini dihias dengan keramik dan porselen. Bayangin coba dulu waktu jaman SD kita pernah bikin pot bunga dari pecahan keramik dan porselen juga, bedanya ini lebih huge dan rapi. Perpaduan warnanya juga bagus banget. Gue langsung jatuh cinta. Sayangnya pas gue kesini, kuil Wat Arun sedang dalam perbaikan dan nggak memungkinkan untuk gue ngerasain curamnya tangga menuju puncak kuil. Sayang banget padahal pengen banget liat pemandangan Chao Phraya dari puncak Wat Arun.


I'm wearing Batik from Pekalongan
Setelah puas menjelajah Wat Arun, gue belanja di pasar yang letaknya sebelahan dengan kuil. Karena saking sibuknya belanja gue lupa buat foto-foto suasana pasar tersebut. But I think this market is the cheapest one, than other market I ever visited in Bangkok. Tau gitu gue borong aja disini. Dari tas, topi, kaos, pernak-pernik ada dan hampir semua pedagang disini bisa ngomong bahasa Indonesia. Ya kalo cuma terimakasih, terus nyebutin harga-harga mereka fasih. Apalagi kalo ngomong "Tidak Boleh" Wkwk. Gue saranin ke kalian untuk belajar tawar menawar sih sebelum ke Bangkok. Karena harganya bisa jadi murah-murah banget. Asli gue nggak boong!


Suasana Pasar di Pier
Untuk kembali pulang tinggal di balik caranya tadi. Dari Riverboat di Wat Arun menuju ke Pier dan jalan menuju BTS, beli tiket ke arah Siam atau daerah dimana kamu tinggal. 

Tips : Carilah tempat tinggal di daerah yg dekat BTS/MRT. Karena transportasi yang paling mudah ya kereta. Anti macet, anti crowded! Keretanya asik, dan udah AC lho. Murah lagi.
The best time to visit : Sore, pas matahari mau terbenam.

Oke, mungkin cukup segini dulu cerita tentang pengalaman gue mengunjungi Wat Arun Temple. Semoga bisa membantu kalian-kalian yang kepengen dan penasaran sama kuil ini. 

Have a good traveling! Thanks for read. Goodbye soon! Pampam! 

You Might Also Like

2 komentar

  1. Terimakasih informasinya ��

    ReplyDelete
  2. Manilabet365 merupakan Judi Bola88 Online Uang Asli dan Deposit Pulsa Paling Hoki.

    Buruan Daftar Disini >>> Situs JDB Slot Online
    Bandar Judi Bola Online : situs Judi Bola88 Online
    Link Alternatif : Judi Bola88 dan Situs Slot Online

    MANILABET365 - SITUS JUDI BOLA88 | PRAGMATIC SLOT ONLINE TERKINI, TERBAIK DAN TERPERCAYA DI INDONESIA
    Join US ! klik link di bawah ini :
    --> Situs Judi Bola Online
    --> situs Judi Bola88 Online
    --> situs Judi Bola88 Online

    Untuk Info Dan Bonus Menariknya Bisa Hubungi Kami Di Bawah Ini :
    Whatsapp : +6282163483281

    DAFTAR DISINI : situs Judi Slot Online

    Ayo buruann , mana tau kamu menjadi jutawan setelah bergabung dengan kami ..
    --> Situs Judi Bola88
    --> situs Judi Bola88 Online

    ReplyDelete