Tips Liburan Murah ke Pulau Nusa Penida Bali

07:37:00

Taken with : Iphone ONLY
Edited with : VSCO C1/Photoshop
Location : Pulau Seribu, Nusa Penida, Bali
I'm so excited to share my story again in my blog! Definitely missing my summer vibes and now back to Bali again then see the breathtaking view like this island! Gimana enggak? Nusa Penida is the most beautiful place in Bali so far! Gue recommend bgt buat kalian yang pengen banget ngerasain suasana sepi tapi still in Bali. Nusa Penida jawabannya!

Gue pengen berbagi pengalaman gue ke kalian gimana sih caranya ke Nusa Penida dengan duit yang sedikit but worth it. Terus destinasi apa aja yang perlu dikunjungi, dan tips-tips lainnya yang semoga bisa bantu kalian untuk pergi ke Pulau nan cantik ini. 

First, gue mau ceritain ke kalian bahwa Nusa Penida will be hot as fuck! Don't forget to use your sunblock or your skin will be burn. Kaya gue kemarin gaya-gayaan gapake sunblock dan hasilnya gosong sampe iritasi abis. But, still looks good in my tanned skin, LOL. Ga cuma panas, Nusa Penida juga susah sinyal. Ya kalo pake provider Telkomsel kalian masih bisa pake dengan sinyal 3G. So make sure changes your card provider ya!

Ngurah Rai Airport - Sanur Beach

Karena gue take by plane to Bali, jadi first point gue dari Airport. Dari bandara gue dijemput temen menuju pantai Sanur. Kalo gaada yang jemput, bisa naik ojek atau taksi online. Taksi sekitar Rp 60.000,- kalo ojek kurang lebih Rp 40.000,-. Kalian bisa pilih point penyeberangan, dari pantai Sanur atau pelabuhan Padang Bai. Karena gue mau kejar waktu biar cepet nggak ribet gue pilih dari pantai Sanur. Di Sanur banyak yang jual tiket penyeberangan ke Nusa Penida, Lembongan dan Ceningan. Harga tiket normal menuju Nusa Penida adalah Rp 75.000,-, jika diatas itu jangan mau! Langsung cari tike yang lain. Gausah ikut trip planer apapun, berangkat sendiri aja, soalnya ikut gituan jauh lebih MAHAL!

Penyeberangan tiap boat beda-beda, sehari ada 3 jadwal penyeberangan. Gue naik boat yang berangkat pukul 11.00 WITA. Keburu banget karena gue cuma pengen menghabiskan 2 Hari 1 Malem aja di Nusa Penida. Perjalanan ke Nusa Penida cukup menyenangkan dengan ombak yang sedikit besar dan menghabiskan waktu sekitar 45 menit untuk sampai di Pulau yang menyenangkan ini. Hehe. I'm so excited!

Sanur Beach - Nusa Penida

Setelah kaki menginjakan kaki di Nusa Penida dan melihat sekeliling ternyata air laut disini super Biru! Lah kok mirip di Lombok yaaaaa! Terus gue halu berasa ini di Lombok. Saking halunya gue lupa buat motret dermaganya. -_- Di dermaga, gue langsung cari penyewaan motor. Banyak banget yang sewain motor dan gue random bgt buat milih. Kena ke gue buat sewa 1 motor Rp 75.000,-/hari. Karena gue berangkat berdua dengan temen Bali gue, Bli Ade jadi kita bisa patungan untuk sewa motornya. Banyak calo-calo buat nawarin motor atau penginapan. Kadang ada yang baik, kadang juga banyak yang nakal. Karena gue gamau ditipu dengan harga yang kacau, gue pilih cari sendiri penginapan di pulau ini. Sempet juga diikutin dan dipaksa untuk menginap disalah satu guest house calo yang sedikit rese itu tapi gue tolak abis-abisan. 

Akhirnya setelah mencari, gue dan Bli Ade dapet harga homestay yang masih wajar, Rp 150.000,-/malamnya. Jauh lebih murah dibanding punya calo yang tadi. Homestaynya bersih, ada kipas angin, kamar mandi dalem, ada gazebonya juga buat nongkrong-nongkrong. Nanti gue kasih kontaknya dibawah ya! Hehe

Penampakan Homestay Busti Nusa Penida

Dalem Kamar

Namanya Busti Homestay. Jalan sekitar 12 km ke arah Atuh Beach. Sedikit jauh dari dermaga, but still easy to reach lah. Nggak perlu masuk gang-gang, deket jalan, dan deket banget sama pantai. Worth banget kan dengan harga cuma Rp 150.000 doang.

Destinasi

Kelingking Beach

Setelah istirahat sebentar karena jetlag langsung oper boat langsung cari penginapan, berasa ga punya cape gue langsung pergi ke Kelingking Beach. Kelingking cukup terkenal mengingat bentuk bukit yang mirip dengan dinosaurus ini sangat instagram-able. Foto dari sisi manapun juga bakal ciamik hasil fotonya. Perjalanan yang ditempuh juga ga cukup jauh. Gue berangkat pukul 13.00 WITA, sampe di Kelingking pukul kurang lebih 14.30 WITA. Jalannya sepi banget, dengan khas pohon kelapa dan banyak juga pura-pura untuk sembahyang umat hindu. Akses jalan menuju sana yang sedikit susah karena jalanan rusak parah dan kurang terawat. Kalo ga ati-ati bisa babak belur juga. Tiket masuk juga murah, sepeda motor hanya Rp 5.000,- saja. 

Tips untuk Tracking di Kelingking Beach

  1. Gunakanlah alas kaki yang kuat agar bisa tracking ke bawah, tracknya lumayan curam juga. Turunnya gampang, naiknya PR banget!
  2. Gunakanlah celana yang bisa melar, atau celana tracking. Pengalaman gue kemarin short jeans gue sobek sampe keliatan underwear gue waktu mau turun ke bawah, apes bgt dah -_-
  3. Bawa air minum dan makanan, soalnya trackingnya lumayan juga. 1 jam perjalanan sampe ke bawah. 
  4. Use your sunblock and sunglasses because it's too hot af!
Mirip banget sama Dinosaurus kan?
Taken with : Canon EOS Kiss X50
Edited with : VSCO C1/Photoshop

After my short jeans sobek, terus bete gabisa lanjut turun. Akhirnya foto di atas doang.
Taken with : Canon EOS Kiss X50
Edited with : VSCO C1/Photoshop
Top photo, asik banget padahal kalo bisa turun ke bawah, so sad :(
Taken with : Canon EOS Kiss X50
Edited with : VSCO C1/Photoshop

Baru seperempat tracking, tapi celana udah sobek.
Taken with : Canon EOS Kiss X50
Edited with : VSCO C1/Photoshop


Makanan mahal, gini doang Rp 10.000,-
Taken with : Canon EOS Kiss X50
Edited with : VSCO C1/Photoshop

Es Kelapa Rp 15.000,-
Taken with : Canon EOS Kiss X50
Edited with : VSCO C1/Photoshop

Angel's Billabong

Setelah asik-asik menikmati pemandangan di Kelingking, gue dan Bli Ade memutuskan untuk ke Angel's Billabong. Kurang lebih 45 menit perjalanan dari Kelingking menuju Angel's Billabong. Kondisi jalan menuju Angel's Billabong juga gak begitu bagus. Banyak banget jalan yang rusak di pulau nan elok menawan ini. Sayang banget kan padahal lautnya ciamik abis, tapi aksesnya susah. 

Sebelum masuk Angel's Billabong gue ketemu tempat yang instagramable banget. Sebelahan dengan Angel's Billabong, tempat ini jarang ada orang yang tau (menurut gue) Karena sepi abis gaada orang satupun. Kalo gue namain tempat ini secret point. Hehe. Soalnya belum ada orang yang foto disini (Kayanya) terus berasa tempat rahasia. LOL

Ya kan? Dead tree ini instagramable banget?
Taken with : Canon EOS Kiss X50
Edited with : VSCO C1/Photoshop 
View dari tempat ini, gatau namanya tapi sebelahan banget sama Angel's Billabong
Taken with : Canon EOS Kiss X50
Edited with : VSCO C1/Photoshop

Biaya retribusi disemua pantai hampir sama, sekitar Rp 5.000,-/motor. Kalo pake mobil gue kurang tau, soalnya jarang banget ada yang pake mobil, kalopun ada pasti ikut trip planer. Di Angel's Billabong gue bisa main air di nature poolnya. Kalo dulu katanya belom boleh soalnya ombak kadang dateng susah diprediksi dan sempat memakan korban. Sekarang udah ada life guard. Kalo kondisi lagi pasang ntar ada peringatan sebelumnya. Jadi kita gaboleh turun untuk main air. Kondisi kedalaman nature pool ini hampir sekitar 1m - 2m, make sure you good at swim ya kalo mau main air disini. 

Bening banget airnya sebening matamu dek *eh
Taken with : Canon EOS Kiss X50
Edited with : VSCO C1/Photoshop

Akses jalan menuju pool naturenya curam dan licin, watch your step ya guys!
aken with : Canon EOS Kiss X50
Edited with : VSCO C1/Photoshop

Beautiful isn't it?
Taken with : Canon EOS Kiss X50
Edited with : VSCO C1/Photoshop


Pantai Pasih Uug (Broken Beach)

Letak pantai deket banget sama Angel's Billabong, jalan sekitar kurang lebih 10 menit aja dari situ kita udah bisa sampe di Pantai Pasih Uug. Nusa Penida baek banget ya, banyak spot yang bagus banget dan lokasinya deket-deket. Gimana? Masih di rumah aja? Haha

Pantai Pasih Uug juga bisa disebut dengan Broken Beach. Kenapa bisa sih? Ya bisa dilihat sendiri karena pantai ini punya tebing yang berlubang dengan tinggi sekitar 50m - 200m yang membentuk sebuah terowongan raksasa yang berada di tengah laut. Konon katanya dahulu kala di dalam cekungan ini terdapat sebuah desa. Nah karena masyarakat desa ini berbuat yang tidak baik maka dewa mereka murka sehingga mereka semua dilarutkan dalam air laut. Begitu kata masyarakat daerah sini. Tapi dengan begitu tempat ini jadi tempat yang indah dan cantik banget buat dinikmatin. Suka banget!


Kalo bisa lompat, lompat dah!
Taken with : Gopro Hero5
Edited with : VSCO C1/Photoshop

Pantai Pasih Uug alias Broken Beach nan elok
Taken with : Canon EOS Kiss X50
Edited with : VSCO C1/Photoshop

Setelah dari Pasih Uug, kita memutuskan untuk pulang ke homestay dan istirahat. Waktu menunjukan pukul 17.30 WITA. Kita harus buru-buru sebelum gelap, soalnya banyak jalan yang belum ada penerangan. So it will creepy kalo udah gelap tapi masih di jalan. Pukul 19.00 WITA sampe di homestay, kita memutuskan untuk mandi terus tidur. Perjalanan kita lanjutkan esok harinya.

Atuh Beach

Keesokan harinya gue mulai siap-siap jam 06.00 WITA, gue udah mulai mandi dan mulai bangunin bli Ade. He's so sleepy head as hell. Tempat pertama yang bakal gue dan Bli Ade kunjungi adalah Atuh Beach. Jalan menuju Atuh Beach lebih menyenangkan karena sepanjang jalan gue disuguhi dengan lautan yang biru abis dan perbukitan mirip di Sumba. Kondisi jalan menuju sana juga much better. Gak rusak kaya ke arah Kelingking/broken beach. 

Setelah mengikut arah jalan yang ditunjukan oleh Google, finally we've arrived after 1,5 hours bike. First step, kita hampir tersesat karena salah jalan. Atuh Beach berada di bawah tapi kita tetep aja jalan lurus ikut track soalnya track turunnya ga begitu keliatan. But, after we've walking and spend about 30 minutes, baru sadar ternyata kita tersesat. Tapi gakpapa karena gue dapetin view yang bagus banget disini. I won't regret for being lost!!!

View dari tempat gue tersesat, disini kita baru sadar kalo salah jalan -_-
Taken with : Iphone Only
Edited with : VSCO C1/Photoshop

Ternyata ada padang savana yang luas banget but in Bali!
Taken with : Gopro Hero5
Edited with : VSCO C1/Photoshop
Yep, kaya yang tadi gue bilang, pantai Atuh harus tracking kebawah. Kondisi tracking kali ini gabegitu jauh kaya di Kelingking. 10 menit paling udah sampe di Atuh Beach. 

Taken with : Gopro Hero5
Edited with : VSCO C1/Photoshop

Bentuk karangnya kaya naga ya?
Taken with : Canon EOS Kiss X50
Edited with : VSCO C1/Photoshop
View Pantai dari atas bukit menuju ke Pulau Seribu
Taken with : Iphone Only
Edited with : VSCO C1/Photoshop


Pulau Seribu

One sentence can describe what I feel, this is so fckn breathaking view! Indah banget. Fix, gue jatuh cinta sama Pulau Seribunya Nusa Penida. Kalo dia cewe udah gue kawinin beneran dah. The tracking and sunbathing kebayar semua. Ga perlu jauh-jauh ke Papua kalo mau liat view kaya di Raja Ampat. Di Bali juga ada coy. It realy amazing. Ga nyesel luangin waktu gue dan escape from my last project in college. Kebayar semua! Oke gue sedikit lebay, but it's true

Kaya gini masih pada betah di rumah? Main lah kesini.
Taken with : Iphone Only
Edited with : VSCO C1/Photoshop

Gatel banget, bawaanya pengen terjun.
Taken with : Canon EOS Kiss X50
Edited with : VSCO C1/Photoshop

Beach element.
Taken with : Canon EOS Kiss X50
Edited with : VSCO C1/Photoshop

Tips 

  1. Tentukan dulu destinasi mana aja yang bakal kalian kunjungi selama di Nusa Penida. Soalnya Penida itu gede banget, sesuain sama waktu kalian mau berapa hari disana.
  2. It's quiet hard to find halal foods. Ada halal foods cuma ada di bagian pasar yang ga begitu jauh dari dermaga. So, bring your own food. Bawa pop mie atau mie instant atau makanan kering lainnya. Terus tinggal cari nasi aja. 
  3. Bring your hat, glasses, and sunblock. Once again because it's too hot realy.
  4. Hati-hati sama calo, jangan mau diboongin sama harga. Kalo warga sekitar emang ramah-ramah tapi ga salah juga kalo kita tetep hati-hati.
  5. Sewa motor lebih baik daripada ikut trip planer. Jatuhnya bisa mahal banget terus destinasi yang dikunjungi dikit.
  6. Ganti provider handphone kalian dengan Telkomsel. 

Budget

  1. Boat penyeberangan PP Rp 150.000,-
  2. Sewa Motor @Rp 37.500,-
  3. Homestay @Rp 75.000,-
  4. Retribusi all destinasi @Rp 15.000,-
  5. Makan & Minum @Rp 75.000,-/2H 1M
  6. Bensin @Rp 25.000,-
Total budget Rp 377.500,-/orang

Contact Peerson
+6282340667970
Bli Aji (Busti Homestay Nusa Penida)

My Video


Yak, maybe it's enough. Semoga tulisan gue bisa bantu kalian yang mau ke Nusa Penida tapi murah. Hehe

Have a good traveling! Thanks for read, Goodbye soon! Pampam

You Might Also Like

8 komentar