Membuktikan Keindahan Pulau Laskar Pelangi! Bener Indah Nggak Ya? Part 1

00:00:00


Ketika mengetahui pertama kali menjadi pemenang Juara 1 Lomba Menulis "Zamrud Khatulistiwa" by @TravelBlogid yang hadiahnya trip ke Pulau Belitung, rasanya tuh seneng banget! Soalnya udah bertahun-tahun memimpikan menapakan kaki di pulau Laskar Pelangi ini! Akhirnya mimpi gue terwujud! Awal kemunculan film Laskar Pelangi di layar lebar Indonesia gue udah penasaran banget apakah seindah itukah pulaunya? Se-melegenda itu ceritanya? Akhirnya gue bakal ngebuktiin sendiri, dan gue super excited!

Hari itu tanggal 17 Oktober gue berangkat dari Bandara Soekarno Hatta bareng pemenang kedua. Flight terpagi jam 5.55 WIB. Pagi itu gue hampir ketinggalan flight. Dalem hati, yaudah lah kalo emang ga rejeki ke Belitung ya emang belum beruntung aja. Tapi tuhan berkehendak lain, gue masih bisa ngejar flight dan bertemu Idris (Pemenang kedua) di Bandara. Kita ketemu di boarding room. Ngobrol-ngobrol banyak tentang nulis blog, yang bikin gue tambah semangat buat konten travel gue. More encourage people to traveling through my story is one of my happy pills. Ketika cerita yang gue buat dan ngebantu orang-orang berkunjung ke suatu tempat bagi gue priceless. Seneng bisa berbagi. 

Ga lama sekitar 1 jam an akhirnya gue sampe di Hanandjoedin Airport. Gue dan Idris udah disambut travel agent yang bakal nemenin kita selama 3 hari 2 malam di sini. Gue ditemenin Mas Tio, tur guide kita. Sepanjang perjalanan gue banyak tanya-tanya tentang pulau Laskar Pelangi ini. Tapi sayang banget mas Tio kurang aktif kasih informasi ke kita. Kaya jawab seadanya, kurang interaktif aja ke gue yang banyak cakap ini. Tapi gue tetep enjoy, Idris sering nemenin gue ngobrol sepanjang jalan menuju Belitung Timur.

SD Muhammadiyah Gantong Laskar Pelangi (Replika), Belitung Timur

Spot pertama yang akan gue kunjungi yaitu SD Muhammadiyah Laskar Pelangi. Ini dia yang gue tunggu-tunggu. Gue penasaran banget gimana bentuk sekolah yang ada di Film Laskar Pelangi itu.  Sekolah ini berada di daerah Lenggang, Gantung, Kabupaten Belitung Timur. Sekitar 1,5 jam perjalan darat dari airport. Lumayan jauh juga sih, apalagi di Belitung lagi musim panas, jadi berasa banget panasnya. Sampai di replika sekolah Laskar Pelangi yang gue lakuin liat dalem sekolah ini. Ngintip-ngintip dikit. Tapi gue ga berasa feel nya kurang dapet, soalnya ini cuma replika. Gue tanya dimana sekolah yang asli katanya udah ga ada. Sekarang di pindah dari tempat yang lama ke tempat yang baru yang lebih gampang buat di kunjungin wisatawan gitu. Tapi kurang lebih bentuknya sama kaya gini. Gue inget banget waktu bu Muslimah lagi ngajarin murid-muridnya. What a movie ya! Bisa sekeren ini jadi daya tarik wisata orang-orang Indonesia bahkan mancanegara, ga heran sih cerita Lintang dan temen-temennya bisa menginspirasi semua orang.

waktu itu gue sampe jam 08.30 WIB. Belum banyak wisatawan yang dateng. Jadi berasa sepi banget, ga lama banyak orang lain yang dateng buat ngelihat sekolah ini. Di dalem sekolah waktu gue lagi baca-baca tiba-tiba ada yang nge-play lagu Laskar Pelangi. Gue kaget, ternyata mereka lagi nyanyi-nyanyi di depan kelas, persis duduk dibangku murid. Lucu banget deh, mereka kaya kembali ke masa anak-anak gitu. Gue tanya dari mana asalnya, ternyata mereka rombongan dari Jakarta. Sengaja ke sini buat mengenang aja film Laskar Pelangi. Sebegitunya yah. Hahaha

Emang sih, sekolah Muhammadiyah Gantong ini cuma replika, tapi bagi sebagian orang tuh mungkin cerita Laskar Pelangi jadi inspirasi mereka loh. Mereka semua sukses, mungkin aja berkat film ini? We never know. But lets appreciated story. Oh iya biaya masuk ke sekolah ini Rp 3.000,- saja lho. Terus kalo kesini jangan lupa membeli oleh-oleh buah-buahan atau bingkisan ya! Membantu perekonomian masyarakat lokal lho. Hehe. Waktu itu gue beli jambu dan mangga Belitung. 

Ini penampakan Full Sekolah SD Muhammadiyah Gantong Laskar Pelangi. Terlihat rapuh di luar, kokoh didalam lho! 
  

Dermaga Kirana (Rumah Rotan Tepi Danau), Belitung Timur

Setelah bertemu dengan sekolahnya si Lintang, sekarang lanjut ke Dermaga Kirana. Danau buatan yang keliatan kaya bukan dibuat tangan manusia. Disekitar danau juga terdapat rumah rotan yang biasa wisatawan kesini buat duduk-duduk atau sekedar santai aja melihat pemandangan. Kalo gue sih langsung pengen liat dari deket danau ini. Ternyata airnya jernih lho, dan termasuk kategori danau air tawar. Dermaga Kirana letaknya ga jauh dari replika SD Muhammadiyah Gantong Laskar Pelangi tadi. Cuma sekitar 10 menitan aja lah. Tiket masuk ke Rumah Rotan ini ga terlalu mahal jg, sekitar Rp 5.000,- aja tiap orangnya. Besok lagi kalo kesini lebih pagi kaliya, biar bisa sunrise an gitu di sini. Kebayang sunrise di danau jadi keinget danu Ranukumbolo di gunung Semeru. 

Ini view dari dalem rumah rotan. 

Dermaga Kirana, Belitung Timur. Ga nyangka sebagus ini ya buatan manusia. Sayang banget perahu-perahunya rusak, gabisa buat berkeliling danau.

Vihara Dewi Kwam In

Setelah puas foto-foro di dermaga Kirana, gue menuju destinasi selanjutnya. Vihara Dewi Kwam In yang terletak tidak jauh dari Pantai Burung Mandi. Mengingat masyarakat kota Belitung ditinggali olah etnis tiong hoa, ga heran kalo di Belitung banyak chinese temple. Vihara Dewi Kwam In ini sendiri ditemukan pada tahun 1747 dan merupakan vihara termegah dan terbesar di Belitung lho! Keren ya, berarti udah berumur 272 tahun. Woaaaah. 

Di Vihara Dewi Kwam In terdiri dari 3 tempat sembahyang masyarakat tiong hoa. Yang pertama bernama "Simunyo" yang berada tepat didekat anak tangga (Bisa dilihat foto dibawah). Yang kedua berada diatasnya lagi bernama "Sitiyamuni". Nah yang terakhir bernama "Kon Im" merupakan tempat sembahyang terbesar di vihara ini. 

Waktu gue kesana masih sepi pengunjung. Beberapa ada yang sedang melakukan sembahyang. Mungkin karena gue dateng bukan di hari besar chinese jadi agak sepi. Tapi gue seneng, buat foto-foto jadi gaada yang ganggu, Hehe.Oh iya disini juga ada monyet lho, beberapa turun untuk mencari makan. Beberapa ada yang takut-takut cuma diem diem bae di atas pohon. But still kinda cute tho. 

            

Pantai Burung Mandi

Destinasi terakhir hari ini yaitu Pantai Burung Mandi. Pantai ini berada di ujung Belitung Timur, ga jauh dari vihara Dewi Kwam In. Banyak kapal-kapal kecil milik nelayan sini untuk mencari ikan di laut. Pantai ini kira-kira 70 km dari Bandara Hanandjoedin, lumayan jauh dengan lama perjalanan kurang lebih 2 jam. 

Di pantai Burung Mandi kalian bisa duduk-duduk santai menikmati desiran ombak dan angin pantai sambil minum es kelapa muda. Es kelapa muda satu biji gede di bandrol seharga kira-kira Rp 15.000,-. Oh iya disini juga gue ketemu beberapa anjing dan monyet liar. Jadi watch your belongings ya! Untuk masuk ke pantai Burung Mandi ini juga sama, sekitar Rp 5.000,- per orangnya. 

Nih, airnya biru dan jernih. Ombaknya ga terlalu gede. Seger banget!

Di pinggir pantai juga banyak pohon gede-gede. Santai banget kalo untuk duduk-duduk dibawah pohon, dengerin suara desiran ombak! Jadi kangen!
Nah, inget ga di Film Laskar Pelangi waktu bu Muslimah ngajakin murid-murid naik sepeda ke sebuah pantai? Kalo di film settingnya ada di pantai Tanjung Tinggi, tapi kaya ga mungkin banget bu Muslimah dan Lintang CS ke sana, soalnya jauh banget! Bayangin deh naik sepeda kesana dengan jarak lebih dari 80 km? Bisa-bisa besoknya baru nyampe yah, gempor haha. Nah, ini mungkin harusnya pantai terdekat dari sekolah Muhammadiyah Gantong, pantai Burung Mandi. Ga se unik pantai Tanjung Tinggi di Belitung Barat. Hehe.

Bersambung ke Part 2

You Might Also Like

6 komentar

  1. ayo segera bergabung dengan saya di D3W4PK
    hanya dengan minimal deposit 10.000 kalian bisa menangkan uang jutaan rupiah
    ditunggu apa lagi ayo segera bergabung, dan di coba keberuntungannya
    untuk info lebih jelas silahkan di add Whatshapp : +8558778142
    terimakasih ya waktunya ^.^

    ReplyDelete
  2. Selamat siang untuk seluruh WNI dan juga seluruh ASIA, nama saya Bu Nurliana Novi, saya ingin membagikan testimoni hidup saya di sini pada platform ini untuk semua WNI dan seluruh asia agar berhati-hati dengan pemberi pinjaman di internet, Allah benar-benar mendukung saya melalui ibu. Ibu Elina yang baik

    Setelah beberapa periode mencoba mendapatkan pinjaman dari lembaga keuangan, dan ditolak terus-menerus, jadi saya memutuskan untuk mendaftar melalui pinjaman online tetapi saya ditipu dan saya kehilangan Rp 15.000.000 dengan pemberi pinjaman yang berbeda.

    Saya putus asa untuk mendapatkan pinjaman, jadi saya berdiskusi dengan teman saya yang kemudian mengenalkan saya kepada Bu Elina, yang merupakan pemilik perusahaan peminjaman global, jadi teman saya meminta saya untuk melamar ke Bu Elina, jadi saya menyimpulkan keberanian dan menghubungi Nyonya Elina.

    Saya mengajukan pinjaman sejumlah Rp500.000.000 dengan tingkat bunga 2%, sehingga pinjaman disetujui dengan mudah tanpa stres dan semua pengaturan dilakukan pada transfer kredit, karena tidak memerlukan jaminan dan jaminan untuk pinjaman transfer Saya hanya diberitahu untuk mendapatkan sertifikat perjanjian lisensi aplikasi Mereka untuk mentransfer kredit saya dan dalam waktu kurang dari dua jam uang pinjaman telah disimpan ke rekening bank saya.

    Saya pikir itu adalah lelucon sampai saya menerima telepon dari bank saya bahwa rekening saya dikreditkan dengan jumlah Rp500.000.000. Saya sangat senang bahwa ALLAH akhirnya menjawab doa saya dengan memesan pinjaman saya dengan pinjaman asli saya, yang telah memberikan saya keinginan hati saya.

    Mereka juga memiliki tim ahli yang akan memberi tahu Anda tentang jenis bisnis yang ingin Anda investasikan dan bagaimana menginvestasikan uang Anda, sehingga Anda tidak akan pernah bangkrut lagi dalam hidup Anda.

    Semoga ALLAH memberkati Bunda Elina yang telah membuat hidup saya mudah, jadi saya menyarankan siapapun yang berminat untuk mendapatkan pinjaman silahkan hubungi Bu Elina via email: elinajohnson22@gmail.com untuk pinjaman anda
    Ada perusahaan palsu online lain yang menggunakan kesaksian saya untuk mencapai keinginan egois mereka, saya satu-satunya dengan kesaksian yang benar ini, ketika Anda menghubungi kemudian meminta mereka untuk bukti pembayaran ke ibu`` tolong hati-hati orang-orang ini oke

    Akhir kata saya ucapkan terima kasih kepada kalian semua yang telah meluangkan waktu untuk membaca kesaksian hidup saya yang sebenarnya tentang kesuksesan saya dan saya berdoa Tuhan akan melakukan kehendak-Nya dalam hidup Anda.Satu lagi nama saya mrs nurliana novi, Anda dapat menghubungi saya untuk informasi lebih lanjut melalui email saya: nurliananovi96@gmail.com

    ReplyDelete
  3. Manilabet365 merupakan Situs Judi Bola88 | Pragmatic Slot Online | Casino338 Terkini, Terbaik dan Terpercaya di Indonesia.
    Situs Judi Online Uang Asli dan Deposit Pulsa Tanpa Potongan.

    situs Slot Online
    Situs JDB Slot Online

    -------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------

    ManilaBet365 - Situs Judi Slot Online | Bola88 | Casino338
    situs Judi Slot Online
    Situs Judi Bola Online

    ReplyDelete