Kuil Thean Hou, Kuil Kebanggan Masyarakat Kota Kuala Lumpur

20:31:00


Hari terakhir gue di Kuala Lumpur kemarin bingung mau kemana. Oleh-oleh juga udah dapet, mau explore Kuala Lumpur juga udah semua kayanya. Kepikiran cari-cari kuil ah yang lucu-lucu. Googling eh nemu ada kuil Thean Hou 30 menit dari Klang lama. Deket nih, bisa banget buat di explore. Yep, akhirnya gue memutuskan buat jalan-jalan di Thean Hou. So excited, soalnya gue suka banget sama culture. Selama di KL gue suka girang sendiri kalo ketemu kuil waktu dijalan. Entah itu chinese temple or india temple. Both has very unique different things too bad to not explore. 😆

Waktu itu adalah weekday, kayanya hari Selasa (Sory lupa soalnya gue baru nulis cerita tentang Thean Hou) hehe. Dipikiran gue tu cuma asyik, ga bakal rame nih soalnya weekday. Bener dong sampe Thean Hou tuh ga terlalu rame. Gue dateng jam 10 pagi tuh, KL lagi panas-panasnya. 

Thean Hou sendiri adalah kuil enam tingkat dari dewi lau Cina Mazu yang berdiri baru aja sekitar tahun 1987 dan dibuka secara umum tuh tahun 1989. Kuil ini merupakan kuil agama Budha masyarakat chinese. Menurut gue arsitektur kuil ini menarik banget. Ornamen-ornamen kuil Thean Hou tuh detail banget. Dipadukan dengan lampion-lampion kuning yang menghiasi kuil ini menambah kesan yang kental akan budaya cina membuat gue selalu pengen foto-foto di setiap sudut kuil ini. One the most important is, ya namanya aja kuil jadi kalian kalo kesini jangan berisik. Banyak orang-orang kesini bukan sekedar foto atau berwisata aja. Mereka juga kadang beribadah. So jaga attitude juga ya kalo kesini! hehe.



Untuk lokasi Thean Hou temple tuh disini yaaa, ini petanya,


Cara ke Thean Hou Kuil ini gampang banget,

  1. Kalo kalian menginap di Bukit Bintang, alor atau pusat kota, cari kereta menuju KL central. Lalu cari taxi ke arah Thean Hou temple. Kalian akan tiba 10 menit an dari KL central.
  2. Kalo kaya gue yang nginep agak jauh dari kota karena gue dapet penginapan murah di Klang Lama, jadi gue memutuskan buat naik Grab aja biar ga ribet. Kayanya tuh cuma 10 RM. Sekitar Rp 35.000 azaaa. 
Tuh detail banget ya ornamen di Kuil ini 😍


Kuil Thean Hou ini terdiri dari 3 lantai, yaitu:
  1. Lantai dasar disediakan ruangan untuk pernikahan atau acara-acara penting lainnya. Oh iya di lantai dasar ini juga ada banyak kuliner khas chinese, ada makanan vegetarian yang biasa biksu-biksu makan. Karena mereka nggak makan daging-dagingan atau hewani makanya disediakan makanan vegetarian ini. Gue waktu itu nggak nyoba, yang nyoba temen-temen gue, katanya sih enak. Kalian kalo kesini jangan lupa buat nyobain ya! ehehe
  2. Lantai 2 kayanya buat private area untuk sembahyang. 
  3. Nah bangunan utamanya tuh ada di lantai 3, dibagian ini terdapat ruang terbuka yang luas dengan koridor-koridor yang mengelilingi ruang ini. Disinilah masyarakat umat Budha berdoa, biasanya sebelum berdoa mereka menyalakan dupa terlebih dahulu. 


Nah ini tempat untuk menyematkan dupa ketika bersembahyang.

Bisa liat pemandangan kota Kuala Lumpur dari sini, modernisasi dan budaya jadi satu disini. 



Nari-nari dulu mumpung sepi.
Yep, mungkin segini dulu cerita tentang kuil Thean Hou di Kuala Lumpur ini. Semoga ceritanya menghibur dan bisa membantu temen-temen yang masih bingung mau kemana kalo ke KL. 

Have a good traveling, Thanks for read! Goobye soon! Pampam 😍


You Might Also Like

5 komentar

  1. Lagi arrange trip ke Kl, nemu blog ini. Menyenangkan bacanya! Foto-fotonya juga bagus!
    Jadi enaknya kalau ke kuil ini sekitar jam berapa ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo Nidy, thanks udah mampir blog aku ya! Kalo ke kuil jam 9 - 11, atau jam 3-5 sore. Pas langit masih bagus-bagusnya sama jangan waktu weekend yaaa

      Delete
  2. ayo segera bergabung dengan saya di D3W4PK
    hanya dengan minimal deposit 10.000 kalian bisa menangkan uang jutaan rupiah
    ditunggu apa lagi ayo segera bergabung, dan di coba keberuntungannya
    untuk info lebih jelas silahkan di add Whatshapp : +8558778142
    terimakasih ya waktunya ^.^

    ReplyDelete
  3. Hai! Makasih udah nulis tentang artikel ini. Aku seneng banget bacanya.

    Untuk mengobati kerinduanmu berwisata di masa pandemi, DigiTiket akan bawa kamu menelusuri tempat-tempat menarik penuh cerita lewat wisata virtual indonesia virtual tour indonesia https://digitiket.com.
    virtual tour indonesia

    virtual tour indonesia

    wisata virtual indonesia

    virtual tour negeri diatas awan

    Jasa Buat website semarang

    Jasa Buat website

    ReplyDelete
  4. Terimakasih kak sudah nulis tentang artikel ini. sangat membantu banget setelah membacanya.
    jangan lupa kunjungi website kami yang di tidak kalah menarik juga ya dibawah ini
    Berikut link Harga Tiket wisata dari beberapa tempat wisata di indonesia .
    Virtual Tour Indonesia

    Harga Tiket agung fantasi waterpark

    Harga Tiket Taman Legenda Keong Mas

    Harga Tiket The Lodge Maribaya

    Virtual Tour Indonesia

    Harga Tiket watersplash darmawangsa

    Harga Tiket rinjani waterpark

    Harga Tiket Go splash panjibuwono

    ReplyDelete