5 Cara Asik Buat Nikmatin Parangtritis

08:10:00

Suasana Pantai Parangtritis, Jogjakarta

Halo kembali lagi sama gue yang udah jarang banget nulis. Iye maap dah. Karena lagi sibuk nyantai-nyantai aja dikasur nggak ngapa-ngapain akhirnya gue kepengen nulis lagi nih. Kali ini tentang salah satu pantai yang terkenal di Jogyakarta. Yap! Siapa sih yang nggak tahu Parangtritis? Pantai yang terkenal banget tuh sama legenda Nyi Roro Kidulnya. Dari sejak gue kecil udah diajakin kesini sama orang tua. Dan yang bikin gue syok adalah, Parangtritis udah beda lho dari jaman gue kecil! Eh bentar, ini gue yang kurang update apa emang gue nya yang jarang ke pantai di Jogja ya?

Kalo gue nyeritain tentang Parangtritis pasti bakal mainstream banget sih. Secara pantai ini udah dikenal banyak orang, bukan hanya buat masyarakat Jogja tapi kayanya seluruh Indonesia kalo kita nyebutin tentang Parangtritis pasti nyambungnya cepet banget sama Kota Jogja. Diibaratkan sama Bali mungkin Parangtritis lebih dikenal seperti Pantai Kuta. Tapi Parangtritis beda. Pantai ini menyimpan cerita magis. Banyak banget dah aturan-aturan yang nggak boleh dilakuin pas lo lagi di pantai ini. Inget film Keramat garapan Monty Tiwa nggak sih? Nah ada beberapa scene yang diambil di pantai Parangtritis. Katanya film Keramat merupakan true story lho! Ngeri nggak sih? Nah berhubung blog gue itu isinya bukan tentang horor tapi tentang traveling, makanya gue nggak bakal nyeritain tentang itu. Gue mau ngasih tau ke kalian semua gimana sih cara yang asik buat nikmatin pantai Parangtritis yang mainstream ini *Ciegitu.


1. Kolam View Pantai 

Berenang kesana, berenang kesini

Jadi sebelum kalian sampai di pantai, kalian akan disuguhkan kolam air tawar berukuran 6m x 6m dengan view pantai. Kolam ini sangat sederhana. Kalo dilihat sih keberadaan kolam ini nggak permanen. Jadi kalo-kalo mau pindah tempat ya tinggal dipindah aja kolamnya. Kedalaman kolam ini mungkin sekitar 1m saja, dan yang boleh menikmati kolam ini hanya anak kecil saja. Buat kalian yang punya adik bisa banget nih jadi opsi buat nikmatin air di Parangtritis. Secara ombak Parangtritis terkenal banget gede lho. Jadi sedikit bahaya untuk anak kecil, ini bisa jadi opsi kalian buat yang punya adik kecil nih. Aman dan terkendali. Biaya dikeluarkan juga nggak cukup mahal loh! Cukup dengan Rp 10.000 kalian bisa bawa adik kalian ke kolam ini.

2. Menunggangi Kuda keliling Parangtritis

Delmannya lucu ya?

Pantai Parangtritis tuh luas banget lho! Saking luasnya kalian bisa menghabiskan waktu selama 2 jam untuk menikmati Parangtritis dari ujung hingga ke ujung dengan berjalan kaki. Wow! Tapi jangan takut. Kalian bisa menikmatinya dengan berkuda. Waktu yang ditempuh untuk menikmati pantai dari ujung hingga ujung dengan berkuda adalah 1 jam. Lebih cepet 1 jam kan? Bahkan waktu tersebut udah termasuk kalian berhenti buat foto-foto. Biaya yang dikeluarkan untuk berkuda selama 1 jam adalah sekitar Rp 100.000. Harga tersebut masih bisa turun lho kalau kalian jago tawar-menawar. Cari abang-abang yang meyakinkan dan ramah, biar ntar kalo kalian nawar harga nggak pake emosi. Kadang ada tuh, belum juga nawar eh udah sewot dulu. Buset.

3. Main ATV 

Romantis ya? Eh iya enggak? Wkwk
Nah yang satu ini asik banget. Apalagi sama pacar. Romantis banget kan? Wkwk. Buat yang suka hal yang menantang ini bisa jadi opsi kalian buat nikmatin pantai Parangtritis. Beda dengan kuda tadi, ATV hanya bisa kalian nikmatin sejauh yang ditetapkan penjaga ATV saja. Tapi jangan khawatir, jarak yang diberikan tidak terlalu pendek juga. Masih bisa kalo kepengen kebut-kebut ala offroad, tapi jangan lupa tetep hati-hati ya karena pantai Parangtritis selalu ramai pengunjung. Biaya yang dikeluarin untuk menyewa ATV itu beda-beda. Kalo untuk ukuran kecil Rp 60.000/jam tapi untuk yang gede Rp 100.000/jam nya. Cukup merogoh kantong juga ya untuk sekali sewanya. Tapi layaknya wisata di Jogja manapun pasti masih bisa ditawar kok (buat yang jago nawar harga). Kalo gue sih suka gagal buat nawar harga, mungkin karena muka gue yang polos ini nggak cocok buat nawar-nawar. wk

4. Makan Jagung Bakar dan Kijing Goreng

Jagung Bakar

Kijing Goreng
Sambil liat sunset sambil makan jagung bakar sama kijing goreng mantep banget! Disepanjang pantai terdapat banyak sekali penjual Jagung bakar. Jadi kalian bisa duduk-duduk santai sambil makan cemilan dan ngobrol bareng temen. Untuk 1 porsi jagung bakar dihargai Rp 6.000. Untuk Kijing goreng dihargai Rp 5.000. Ini pertama kali gue makan kijing goreng. Tekstur kijing goreng yang mirip banget sama udang goreng ini lumayan enak lho. Bagi kalian yang suka udang goreng pasti doyan banget sama kijing goreng.

5. Duduk santai dan berfoto di bawah payung warna-warni



Kalo inget payung pelangi jadi keinget foto instagram ya? Gue kalo ada hal yang unik dikit pengennya langsung foto. Soalnya epic banget, nggak semua orang bisa ngeliat hal yang kaya gitu. Tak terkecuali deretan payung warna-warni di Parangtritis ini. Tempatnya instagramable banget! Untuk sewa tempat buat duduk di bawah payung cantik ini kalian cukup menghabiskan uang sebesar Rp 20.000 saja, sambil makan jagung atau kijing goreng. Hehe.

Mungkin cukup itu dulu yang bisa gue kasih tips ke kalian 5 cara asik untuk menikmati Parangtritis. Kadang pergi ke tempat yang sama itu nggak bosenin lho. Karena ditiap tempat yang sama buat dikunjungi itu pasti aja ada pengalaman baru yang bisa diceritain. Contohnya gue yang saat itu pake baju hijau ke Parangtritis. Sebelumnya waktu diajakin temen gue buat pergi ke pantai nggak bakal ngira kalo bakalan pantai ini yang dikunjungi. Eh sampe tempat ada ibu-ibu penjual kijing bilang, "Mau nantang maut pakai baju hijau?" Kata si ibu. Kenapa si ibu bilang gitu? Karena mitosnya emang kalo mau ke pantai Parngtritis dilarang memakai baju hijau, karena warna favorit Nyi Roro Kidul adalah hijau. Takutnya ntar diculik sama si penguasa laut selatan itu. Tapi terimakasih Tuhan, gue masih dikasih selamet. Mungkin gara-gara niat gue baik untuk sekedar menikmati pantai masa kecil gue yang udah lama banget nggak gue kunjungin lagi bikin gue aman saat itu. Positif thinking aja sih. Hehe

Foto pake baju hijau wkwk
Have a good Traveling! Thanks for read, Goodbye soon! Pampam!



You Might Also Like

0 komentar