Solo Backpacking to Dieng, Wonosobo

11:37:00

Ceritanya berawal dari kebelet banget pengen ke Dieng tapi nggak ada barengan. Terus nekat jalan sendiri ke Wonosobo bermodal "PEDE aja yang penting sampe" dan perjalanan gue dimulai.....

DAY 1
Sekitaran bulan November, gue lupa tanggal berapa, cuma gue udah mulai bosen sama rutinitas perkuliahan gue. Gue memutuskan untuk berangkat ke Wonosobo pagi hari pukul 08.00 WIB. Naik kereta ke arah Jogja Tugu. Tiket berangkat dari Solo Balapan dengan tujuan Jogja Tugu menghabiskan ongkos Rp 6.000,- dan mengandalkan seribu sok tahunya yang penting habis ini ke Terminal Jombor. Sesampainya di Stasiun Tugu pukul 09.30 WIB cari ojek ke arah Terminal Jombor menggunakan ojek ( Bisa menggunakan Trans Jogja tapi gue gamau ribet ) menghabiskan ongkos Rp 15.000,-. Terus sesampainya di Terminal gue tanya-tanya orang naik bus ke arah Magelang yang mana, dan ditunjukan bus ke arah Magelang. Tapi gue nggak turun di Magelang kota tapi gue turun di pertigaan besar mau ke Candi Borobudur. Bus ini menghabiskan ongkos sebesar Rp 12.000,-. Sejam perjalanan nggak kerasa udah sampe sekitar pukul 11.00 WIB, terus gue oper lagi naik bus mini ke arah Wonosobo, dengan menghabiskan ongkos Rp 15.000,-. Sesampainya di Terminal Wonosobo pukul 12.45 WIB gue telfon temen gue, namanya Abil ( gue kenal dia pas waktu di Jogja main bareng sama temen gue, ternyata kita punya hoby yang sama yaitu jalan-jalan. Yaudah mintain kontak person dia, beres ). Eh ternyata dia lagi nggak sibuk apa-apa, kebetulan banget. Alhamdulillah bisa ngirit penginapan. HE-HE. Ternyata bukan hanya Abil yang sangat friendly tetapi keluarganyapun sangat baik dan ramah, gue suka sama keluarga dia, lucu, humoris, dan hangat. Rumah Abil ini terletak di tengah kota Wonosobo, alamatnya Donbosko dekat sekali dengan RSUD Wonosobo. Seharian gue diajak keliling Wonosobo, dari kuliner sampai seluk beluk kotanya. Rencana gue ke Dieng kan pengen naik ke Prau, jadi gue sebelumnya memaparkan niat gue ke Abil ini, dan dengan senang hati dia mau nganterin gue ke Prau, YEAAAAAAYYYYY!!! Hari itu juga gue beli perlengkapan buat naik, tabung gas, makanan, nesting, dll.

Berhubung kita mau berangkat naik pukul 23.00 WIB, lalu gue bergegas istirahat dan sharing ke Abil di rumahnya. Hingga pukul 21.00 WIB gue berangkat dari rumah langsung tancap gas ke Dieng. Kita naik lewat jalur Basecamp Patak Beteng, yaitu salah satu jalur menuju ke bukit Prau tersebut. Kita prepare lagi di Basecamp, mendaftar, dan membayar kontribusi sebesar Rp 10.000,-/orang. Lalu kita mulai naik pukul 23.00 WIB. Ya, kita hanya berdua. Romantis ya. I-YA!

Tracking awal tidak begitu susah, mengingat sebelumnya gue udah pernah naik ke Semeru ngerasain yang lebih susah dari ini. Suhu udara disini dibilang rata-rata sekitar 5-10 derajat celcius, cukup dingin untuk bukit yang tidak terlalu tinggi. Setelah masuk ke bukit ke dua baru mulai menantang, naik dengan merangkak, berpegangan tali. Kata Abil dulu Prau tidak sesusah ini. Kondisi tersebut disebabkan oleh banyaknya pendaki yang naik sehingga tanah semakin turun karena sering dipijaki. Karena gue naik terlalu santai akhirnya sampai di puncak Prau sekitar pukul 01.00 WIB, yang perkiraan kita hanya 1 jam setengah ternyata ini lebih. Oke nggakpapa. Kita langsung diriin tenda soalnya mau langsung tidur buat ngeliat golden Sunrise besok.

DAY 2
Pagi itu gue bangun sekitar pukul 04.30 dan banyak sekali orang yang udah nunggu golden sunrise ini. CANTIIIIIK SEKALI. Tapi sayang foto-foto gue yang ada di Kamera gue hilang dan yang tersisa tinggal ini. Sayang banget :((((

Udah siang mau siap-siap pulang

bareng pendaki lain

Setelah selesai dari foto-foto gue dan sarapan, kita memutuskan untuk pulang, perjalanan pulang memakan waktu sekitar 45 menit saja. Sesampainya dibawah pukul 09.00 WIB. Mumpung masih di Dieng gue nggak mau sia-sia pulang tanpa mengunjungi Telaga warna yang terkenal itu, untuk masuk ke Telaga Warna menghabiskan ongkos Rp 25.000,- (Tapi kalo boleh milih, pilih aja ke Batu Pandang di daerah Dieng Teater. Jika melihat di Batu Pandang bisa melihat seluruh Telaga dari atas. Luar biasa indah sekali ).

Dari semua foto pertama kali gue ke Dieng di Telaga Warna cuma sisa ini :(

Foto gue yang ini diambil dari kunjungan gue yang ke-2 di Dieng

Ini juga foto kunjungan gue yang ke-2

Selesai sudah perjalanan gue ke Dieng, kenapa gue nggak memilih untuk ke Sikunir karena gue nggak ada feeling buat kesana yang notabene kata orang-orang sangat indah, tapi gue mau ketempat yang hati gue mau aja. Gue lebih penasaran berdiri di puncak Prau.

Sebelum meluncur pulang ke rumah Abil, sekitar pukul 15.00 WIB gue langsung ke pemandian air hangat belerang Kali Anget. Airnya berwarna kekuning-kuningan dan hangat. Capek-capek dibadan gue ilang semua rasanya. Tarifnya sekitar Rp 5.000,-/orang.

Kolamnya lagi sepi

Berhubung hari semakin sore, maka gue harus balik ke rumah Abil, ternyata di rumah sudah disediakan makanan oleh Ibunya Abil. Alhamdulillah rejeki terus. Makan dong gue, pake nasi yang banyak, nggak pake malu. Terus kenyang, terus gue tidur.

DAY 3
Waktu gue tinggal sehari dan besok gue harus pulang, karena bingung mau kemana, Abil ngajakin gue ke Telaga Menjer. Telaga Menjer yaitu telaga yang terletak di Desa Menjer, Kecamatan Garung. Masih yang mau ke arah Dieng tapi ini belok ke kiri kalo nggak salah. HE-HE. Ketika itu siang hari sekitar pukul 13.00 WIB dan cuaca sedang mendung. Ya kita gerimis-gerimisan di Telaga Menjer. Tapi gerimis di Telaga Menjer justru bikin suasananya semakin syahdu dan sangat rindang. One of the best place ever. Gue masih bisa denger suara burung berkicau banyak sekali. Sangat merdu. Tarifnyapun sangat murah, kita hanya membayar parkir sepeda motor seharga Rp 3.000,-/motor ( Untuk transportasi gue ditanggung sama Abil. Tapi gue bakal bikin list buat sewa motor di Wonosobo nanti ). Ini dia penampakan Telaga Menjer. Ini  pukul 14.00 WIB.

Hijau sekali

Hari itu gue cuma ke Telaga Menjer dan nggak kemana-mana lagi sampai malemnya gue bareng keluarganya makan di Restoran Mie Ongklok yang terkenal di Wonosobo. Satu porsi mie ongklok beserta sate sapinya di bandrol seharga Rp 35.000,-. Gue dibayarin sih jadi nggak keluar duit sepeserpun. HE-HE.

DAY 4
Waktunya gue buat balik nih, gue jadi ikut nebeng Abil pulang sampe Jogja, gue yang bayar bensin sebagai itung-itung uang terimakasih yang udah mau nampung gue. Wonosobo - Jogja sebesar Rp 25.000,- masih sisa untuk motor Honda Beat. Yak, gue langsung turun di Stasiun Jogja Tugu dengan kereta yang sama, Prameks. Yang saat itu masih Rp 6.000,-. Terimkasih Abil sudah menolong perjalanan nekat gue. HE-HE. Ini penampakan Abil.

Untuk List Budget yang gue keluarin dan perkiraannya untuk 4H 3M tanpa penginapan :

Tiket Kereta Api Prameks - PP      = Rp 12.000,-
Ojek                                                = Rp 15.000,-
Bus Magelang                                = Rp 12.000,-
Bus Wonosobo                               = Rp 15.000,-
Sewa Motor ( Yang gue tau )         = Rp 50.000,-/hari x 3 = Rp 150.000,-
Bensin ( keliling Wonosobo-Dieng ) = Rp 100.000,-
Perlengkapan Prau ( Include tend rent ) = Rp 50.000,-
Makan                                            = Rp 100.000,-
Transport Pulang                            = Rp 25.000,- ( Untuk transport pulang bisa ambil sama kaya wakty berangkat ).
Jumlah                                            = Rp 379.000,-
Karena ini Solo Backpacking ya berarti Budget yang dikeluarin bakal lebih mahal daripada bareng-bareng.

Dengan duit Rp 400.000,- lo bisa ngetrip ke Wonosobo - Dieng Solo Backpacking, have a nice trip guyyyysssss!!!!