Jadi ke Waerebo Mudah dan Murah kok!

21:47:00

The Majesty of Waerebo Village in Flores
Kalo bicara tentang desa adat, siapa sih yang gatau Desa Waerebo di Flores Nusa Tenggara Timur ini? Kalo kalian traveler pasti udah pada tau desa ini. Keinginan gue buat ke Waerebo itu udah semenjak tahun 2014 lalu, baru tau dan langsung jatuh cinta. Gue emang biasa banget love at the first sight. Cielah alay emang. Oke kembali ke cerita pengalaman gue ke Waerebo kemarin tahun 2018. 

LABUAN BAJO - RUTENG, MANGGARAI

Mumpung gue ke Labuhan Bajo kayanya kurang kalo ga sekalian ke Waerebo. Rugi banget! Gue memutuskan untuk ke Waerebo setelah pulang dari Sailing trip 3hari 2malam gue. Gue bermodalkan nekat sama bacot aja (eh duit juga si) buat kesana. Yang gue tau gue harus cari kendaraan buat ke kota Ruteng di Manggarai. Agak susah emang kalo cari sendiri, kalian harus tanya penduduk lokal biar dicariin. Akhirnya gue dapet satu kendaran travel mengarah ke Ruteng. Harga buat per orangnya itu Rp 50.000,- tanpa AC. Kalo pake AC harganya sekita Rp 100.000,-/orangnya. Karena gue sobat miskin dan butuh perjuangan buat kesini jadi ya gue pilih yang termurah. Tanpa AC. But don't worry the car still worth it.

Keliatannya sih 3jam 38 menit, cuma travelnya sering nge tem, buat narik penumpang. Jadi agak lama jadi 6 jam
source : Gmaps
Perjalanan ke Ruteng memerlukan waktu sekitar kurang lebih 6 jam. Gue sengaja ga ikut trip planner karena gue yakin pengeluaran gue lebih membengkak daripada gue berangkat sendiri, dan gue lebih suka buat jalan sendiri daripada bareng trip planer karena fleksibel. Lo mau berangkat jam berapa juga ga masalah. You are boss on your trip! Perjalanan cukup menyenangkan karena banyak pemandangan bagus sepanjang jalan. kerjaannya juga cuma tidur liat pemandangan makan tidur lagi, udah gitu doang tapi ga bosen sama sekali! Flores the best!!!!

Ga kerasa udah sampe Ruteng, Kota 1000 gereja. Katanya sih mayoritas penduduk disini khatolik dan kristen jadi banyak banget gereja dimana-mana. Gue berangkat pukul 13.00 WITA dan sampe dipenginapan pukul 19.00 WITA. Ruteng dingin abis, suhu waktu itu gue liat sekitar 15 derajat C. Untung gue bawa jaket agak tebel kesini.

Penginapan gue di sekitar alun-alun Ruteng, gue lupa namanya apa tapi kalo harganya sekitar Rp 150.000,-/malam. Gue mau bermalam sebentar sebelum besok ke Waerebo. Gue sempet ngobrol-ngobrol sama warga lokal buat ke Waerebo gimana. Ada yang bilang jauh banget, dana ada yang bilang pake travel aja atau truck sayur yang mengarah ke desa Denge. Desa terakhir sebelum tracking ke Waerebo. Gue punya opsi lain yaitu sewa motor aja deh daripada ribet pake kendaraan umum. Akhirnya gue sewa motor dibelakang penginapan untuk 1 hari harga Rp 75.000,-. Harga tersebut belum termasuk harga tambahan ketika kalian pergi ke Denge. Karena akses jalan yang jelek banget ke desa Denge maka kalian harus bayar lebih sekitar Rp 25.000,- untuk pengganti biaya service nya. Gue belom expect gimana nanti jalurnya but I have no choice! Oke angkut!

RUTENG - DESA DENGE, (Waerebo first stop)

Keesokan paginya gue bangun pagi-pagi buat pergi ke Denge. Prepare gue banyak, dari mulai badan gue harus fit, bensin gue jangan kehabisan karena dijalan jarang ada yg jual bensin, sama bawaan gue yang harus gue kontrol biar ga terlalu berat. Setelah sarapan disekitar penginapan gue langsung tancap ke Desa Denge, pemberhentian terakhir sebelum tracking ke desa Waerebo. Bagi gue ini pengalaman yang sangat berharga banget. Gue bisa kesini juga bersyukur banget pengen nangis atau menyerah mau balik but once again I have no choice. (sorry lebay wkwkw)

Sepanjang perjalanan emang gaada sinya sama sekali, jadi gue modal bacot lagi ni buat tau jalan ke Desa Denge. Sepanjang perjalanan emang bagus banget, banyak sawah dan laut. Dan ya bener kata orang-orang, jalan disini ancur parah, medannya kurang cocok emang kalo buat motor matic. Kebetulan gue pake vario 125cc. Gue negrasa jauh banget ga sampe-sampe perasaan. Tapi kata orang-orang 3 jam perjalanan. Gue istirahat bentar eh ada ketemu penjual bakso, dan yg bikin gue kaget tuh penjual baksonya asli Semarang. Wkwkw, Jauh-jauh gue ke flores ketemunya orang semarang. Penjual bakso disini keliling pake motor gitu, sedangkan dari daerah 1 ke daerah lainnya tuh diselingin sama hutan belantara. Bener-bener hutan yang kaya ada banyak monyet sama binatang liarnya disini. Hahaha. ketemu abang baksonya gue terus ditunjukin jalannya dong ke desa Denge. Baik banget. 

Sesampainya di Desa Denge tuh ga gimana-gimana gue minum bentar langsung tancap jalan menuju Waerebo. Kira-kira butuh waktu 3 jam perjalanan katanya. Gue jalan sambil nyanyi-nyanyi. Kadang update footage video buat update nanti kalo udah dapet sinyal wkwkw. Tetep narsis. Ga kerasa terus ketemu penduduk asli Waerebo. Gue lupa namanya. Hahaha Asli, tapi kita banyak ngobrol. Gila sih jalannya kenceng banget, gue? ya tetep gue ketinggalan. Oh iya ini peta desa Waerebo, buat patokan aja hehe!

source : Gmaps



WAEREBO VILLAGE

Sebelum memasuki desa Waerebo tuh ada pos kecil dan ada kentongan disitu, nah karena gue baca-baca di blog katanya sih ada yang ngentongin dari warga lokal disitu buat pertanda bahwa ada wisatawan yang dateng. Karena gaada yang jaga gue langsung aja nyelonong ke bawah tanapa bunyiin kentongan soalnya gue takut salah. wkwkw. Sampainya di bawah tuh disambut oleh warga lokal waerebo sambil pasang tampang bego lupa bunyiin kentongan. But its okay show must go on! Hehe. Tapi buat kalian jangan lupa bunyiin ya!! Ini udah kaya tradisi gitu loh hehe.

Gue diajak ke rumah niang kepala suku Waerebo untuk diadakan upacara adat. Mitosnya selama prosesi tuh gaboleh mengabadikan foto apapun, kalian harus diem aja gitu dengerin kepala suku. Kalo nggak bisa ga selamet disini atau foto-foto kalian selama disini bakal ilang. Gue nurut aja dan diem sembari nama gue disebut ke leluhur untuk ngejaga gue selama disini. Selama buat kebaikan gue nurut aja. Orang-orang disini beberapa ada yang gabisa bahasa indonesia. Mereka menggunakan bahasa manggarai sebagai bahasa sehari-hari mereka. Tiap pagi, orang tua laki-laki pergi berladang, sedangkan yang perempuan tugasnya dirumah, memasak, menenun atau mengurus anak. 

Gue tidur dirumah niang yang pertama, dimana biasa para wisatawan tidur disini. Biaya menginap disini itu Rp 375.000,-/hari. Itu udah termasuk makan dan kopi waerebo hehe. Enak banget menurut gue ini pengalaman yang paling berharga selama hidup gue. Ini pengalaman baru gue dateng ke tempat kaya gini. Gue suka banget tempat yang damai dan jauh dari hiruk pikuk kota. Sambil ngopi dan santay, gue disamperin anak-anak Waerebo. Mereka lucu sekali, akhirnya gue kasih snack gue selama perjalanan tadi. Ada permen dan wafer, segini aja merekan bahagia bukan main! Gue ikut bahagia.

Gue bersama anak-anak di Waerebo after dikasih permen sama Wafer.

Mayoritas warga sini tuh melihara anjing, buat berburu atau menjaga rumah.

Wah pada rebutan Mie Instan! Haha Lucu banget mereka!

Banyak banget yang gue dapetin disini. Paling berkesan adalah mereka sangat hidup sederhana dan kekeluargaan. Ada salah satu cerita indah dari Ameh Alex, orang yang gue temuin dan gue anggap keluarga sendiri disini. Dia cerita bahwa ketika ada 1 anak yang ingin sekolah lebih tinggi (aka Kuliah) di desa Waerebo, seluruh hasil kebun warga disini dikumpulkan jadi satu dan dijual. Si anak ini diberi tanggung jawab atas uang yang mereka kasih. Dia harus bisa mengelola uang yang ia dapat sebaik mungkin untuk kuliah. Kebanyakan orang manggarai memilih untuk bersekolah di Yogyakarta. Harapan warga sini, anak mudanya setelah bertahun-tahun bersekolah kembali lagi ke asal mereka untuk melestarikan buaday asli mereka. Tapi Ameh Alex tidak memaksa, karena tak sedikit yang tidak pulang dan banyak yang membangun bisnis di tanah jawa. Tapi ameh ikhlas, dia tidak mengharapkan apapun asal anaknya sehat dan bahagia. Gue seketika sedih banget. Gue yang udah disekolahin tinggi sama orang tua gue, gini-gini aja. Belum bisa bales mereka. Sedih kenapa gue harus ketemu ameh Alex dulu untuk sadar bahwa gue itu harusnya lebih maju. Dan ini kenapa gue bilang pengalaman ke Waerebo itu istimewa, banyak mengubah cara pandang gue dari banyak hal. Gue gabisa lagi berdiri disatu titik kaya gini, gue stuck dan gue harus keluar. Terimakasih ameh atas pelajarannya. Gue cuma bisa bantu doa aja ke mereka. 

Ini dia Ameh Alex, he is so kind and heartfull. Gue banyak belajar dari beliau. 

Ini Mamak Yusni dan anaknya. Lucu banget ya! Mamak Yusni asli Labuanbajo tapi menikah dengan keturunan Waerebo.

Mainan anjing, lucu banget emang 

One fine morning with hot coffee

HOW MUCH I SPEND TO WAEREBO FROM LABUANBAJO?

  1. Travel non AC PP Rp 100.000,-
  2. Penginapan 1 hari di Ruteng Rp 150.000,-/malam
  3. Sewa Motor 2 hari + service Rp 170.000,-
  4. Menginap di Waerebo Rp 375.000,-/malam
  5. Makan dan perlengkapan lain Rp 100.000,-
  6. Bensin PP Rp 50.000,-
Total yang gue keluarin selama kesana sekitar kurang lebih Rp 1.000.000,- Lebih murah daripada kalian harus ngeluarin buat trip planer ya kan? Hehe. 

Foto sebelum pulang bareng keluarga Waerebo!!! Nulis cerita ini tuh bikin kangen! :(

Sekali lagi gue bersyukur banget gue udah dikasih kesempatan sama yang diatas buat pergi ke tempat seindah ini. Banyak banget pengalaman yang gue dapet dan ketemu banyak orang itu bikin gue sadar bahwa kita itu banyak warna di Indonesia. Bermacam-macam suku, bahasa, ras, dan agama. Setega itukah untuk memecah belah Indonesia yang udah dibela mati-matian oleh pahlawan kita? Kalian kalo mikirnya kalian udah paling bener? Main-main yang jauh. Buat tau bahwa allah menciptakan mahkluk pasti ada tujuannya, dan ia pasti mencintai semua mahkluk-Nya. 

Okay, mungkin segini dari gue menceritakan pengalaman gue ke Waerebo dengan budget yanga mat minim dan dengan cara yang mudah. hehe

Have a good traveling, Thanks for read! Goobye soon! Pampam 😍

You Might Also Like

8 komentar

  1. Nice info. Jadi pengen ke waerebo jga ya

    ReplyDelete
  2. Baru mampir di blog ini langsung baca-baca banyak, langsung sukak! Jadi pengen solo traveling kaya mas nyah hahaha

    ReplyDelete
    Replies
    1. hahaha terimakasih bella udah baca blog aku ya. Hehe. Semoga ceritanya bisa membantu km buat solo travel! goodluck

      Delete
  3. Terus motornya ditaruh dimana mas, kan rutenya pendakian atau gimana?

    ReplyDelete
  4. mari gabung bersama kami di Aj0QQ*c0M
    BONUS CASHBACK 0.3% setiap senin
    BONUS REFERAL 20% seumur hidup.

    ReplyDelete
  5. kak kameranya pake apa? lensa apa bukaan brp? keren abis fotonya. Pengen ke waerebo, mumpung lg dinas di bajo heheh

    ReplyDelete
  6. ayo segera bergabung dengan saya di D3W4PK
    hanya dengan minimal deposit 10.000 kalian bisa menangkan uang jutaan rupiah
    ditunggu apa lagi ayo segera bergabung, dan di coba keberuntungannya
    untuk info lebih jelas silahkan di add Whatshapp : +8558778142
    terimakasih ya waktunya ^.^

    ReplyDelete
  7. Omg me too, aku love at first sight bgt sama wae rebo. Pgn backpakeran kayak kakak juga, but karena aku perempuan dan blm berani solo traveling aku jadi pgn dapet temen yg bisa diajak backpackeran saat kuliah nanti. Its a nice story', thank u for sharing. Bener bener suka dgn cara penyampaiannya, semoga selalu bisa berkeliling Nusantara ya kak

    ReplyDelete